Lowepro Pro Roller X-100 : Tas Traveler Sejati

bags travel

Saya mencoba mencari sebuah tas kamera yang cocok untuk traveling dan hunting foto. Beberapa criteria pertimbangan saya adalah :

  1. Tas ini harus kuat melindungi kamera di dalamnya.
  2. Tas ini harus meringankan beban saya, maklum umur sudah tidak muda lagi.
  3. Tas ini harus diperbolehkan masuk dalam cabin sebagi hand luggage.
  4. Tas ini harus memberikan inovasi kepraktisan dalam traveling.

Saya mencoba mencari dari beberapa merk yang ngetop untuk menemukan sebuah tas kamera yang tepat sesuai dengan kriteria saya. Mencoba mencari dari merk nge-pop dikalangan fotografer semacam National Geographic, Crumpler, manfrotto, Bellingham, dan akhirnya Lowepro. Saya sebenarnya sudah menghindarkan merk legendaris Lowepro ini, karena saya sudah bosan bukan karena quality-nya. Sejak pertama memotret hingga sekarang, sudah mondar-mandir berbagai type tas lowepro menjadi produk setia dalam perjalanan memotret saya. Saatnya mencoba mencari alternatif lain ! Tapi apa boleh dikata ternyata otak genius desainer lowepro benar-benar traveler sejati seperti komentar istri saya, sehingga akhirnya pilihanpun jatuh ke LOWEPRO : PRO ROLLER X-100 !!!

Saya mencoba membagi informasi tentang tas traveler sejati ini, siapa tahu ada teman fotografi yang sedang dilemma mencari sebuah tas yang tepat untuk hunting.

DESAIN LUAR

Tas ini seperti layaknya tas koper roller pada umumnya, sehingga tinggal menutup emblem lowepro dengan dengan Lak Band hitam maka koper kamera ini akan tersamarkan dengan baik. Maklum tas fotografer sering menjadi sasaran tangan-tangan jahil.

Lowepro tampak luar terlihat seperti koper biasa

Lowepro tampak luar terlihat seperti koper biasa

SPESIFIKASI :

Fits:

  • 1-2 Pro DSLRs
  • 4-6 extra lenses/accessories
  • Up to a 14ʺ laptop

Technical Specifications:

Internal Dimensions: 29 x 16.8 x 40 cm (11.42 x 6.61 x 15.75 in)

External Dimensions: 35.5 x 28.5 x 51 cm (13.98 x 11.22 x 20.08 in)

Notebook Compartment: 30.5 x 3 x 39 cm (12.01 x 1.18 x 15.35 in)

Weight: 5 kg (11.00 lbs)

ROLLER

Tas Lowepro ini memiliki roda yang cukup besar sehingga jika kita ajak melewati jalan semacam paving/aspal masih terasa nyaman.,selain itu roda-roda tas ini cukup ringan bergerak dan lancar. Menurut dealer tas ini (camera shop Grand Indonesia) memiliki life time guaranty pada roda-roda dan resletingnya, sehingga jika rusak tinggal dibawa ke dealer untuk di repair.

Roda cukup besar dan ringan berputarnya

Roda cukup besar dan ringan berputarnya

STICK HANDLE GRIP

Cukup kuat karena menggunakan double stick, dan sangat memudahkan kita saat tas ini “menggendong” tas lain karena akan steady, jika kita bandingkan dengan model single stick yang mudah jatuh. Selain itu pada handle gripnya dapat digunakan sebagai dudukan kamera jika darurat tidak membawa tripod. Mungkin ditujukan untuk pemotretan dokumentasi grup, karena umumnya malas buat mengeluarkan tripod. Jika tidak digunakan handle ini bisa tersimpan dengan rapi karena tertutup dalam bilik ber-risleting.

Handle grip

Handle grip

Handle grip tersimpan rapi

Handle grip tersimpan rapi

Mudah untuk "menggendong" tas lainnya

Mudah untuk “menggendong” tas lainnya

Dapat sebagai tripod urgent

Dapat sebagai tripod urgent

TRIPOD HANDLE

Lowepro menyediakan dudukan untuk membawa tripod yang dapat dipasang dengan mengkaitkan pada sisi bawah tas dengan model velcrow. Dan kepala tripod dikaitkan dengan tali yang sudah tersedia di dalam kompartemen stick handle grip.

Tripod handle tinggal dikaitkan jika membawa tripod

Tripod handle tinggal dikaitkan jika membawa tripod

tripod terbawa dengan baik

tripod terbawa dengan baik

HAND LUGGAGES

Ukuran tas ini sangat pas karena memenuhi syarat hand cary dan cukup mudah handlingnya di dalam cabin pesawat.

Handling di dalam cabin pesawat mudah

Handling di dalam cabin pesawat mudah

MATERIAL BAHAN

Tak dipungkiri bahwa material bahan yang dipakai oleh lowepro umumnya sangat teruji kualitasnya. Jika dilihat meterial bahan KANVAS yang dipakai adalah material pada tas lowepro kelas Pro, walaupun sedikit disayangkan jenis resleting yang dipakai bukan model yang water resistant.

Material bahan cukup baik, kanvas kelas koper Pro

Material bahan cukup baik, kanvas kelas koper Pro

Risleting sayang bukan dari kelas water resistant

Risleting sayang bukan dari kelas water resistant

LAPTOP POCKET

Tempat laptop tersedia pada sisi atas dan cukup terlindungi, walaupun menurut saya kurang melindungi laptop dengan maksimal karena busa pelindung terlihat tipis, serta posisinya yang berada di sisi depan membuat rawan terkena benturan. Pada umumnya Lowepro mendesain pada sisi punggung tas.

Pocket buat laptop 13 inch

Pocket buat laptop 13 inch

SECURITY LOCK

Yang menarik adalah kunci pengaman tambahan dengan standard TSA, kunci ini cukup unik dengan tali baja yang mengunci simpul-simpul risleting sehingga aman dari tangan copet jail (hmmm… copet biasa lebih jago dari insinyur bule… wkwkwkwkw). Kelemahan menurut saya adalah pada tombol perubah angka kombinasi yang mudah kepencet dan takutnya tergeser tanpa sengaja, sehingga akhirnya kita kesulitan membuka tas kita karena kombinasi yang telah berubah.

Lock TSA

Lock TSA

pengaman dengan sling baja

pengaman dengan sling baja

TUAS PENYANGGA

Lowepro ini cukup unik dengan memberikan feature penyangga ini, kegunaannya saat kita membutuhkan peralatan dari dalam tas maka  dengan mudah kita bisa membuka tanpa harus meletakan seluruh badan tas ke lantai/tanah mungkin karena faktor kotor atau kemudahan handling pengambilan.

Tuas penyangga terpasang

Tuas penyangga terpasang

Mudah mengambil camera

Mudah mengambil camera

PADDED FOAM

Sisi dalam tas terlihat sangat aman buat kamera, khas lowepro! padded foam tebal, aman dan velcronya lasting time. Serta sisi dalam tas ini memiliki kedalaman yang cukup untuk kamera dengan vertical grip atau kamera kelas pro sehingga dapat menyimpan pada posisi kamera berdiri.

aman terkendali wkwkwkw...

Aman terkendali wkwkwkw…

Camera kelas pro atau dengan vertical grip mudah tersimpan dengan posisi berdiri.

Camera kelas pro atau dengan vertical grip mudah tersimpan dengan posisi berdiri.

POCKET INSIDE

Kantung-kantung praktis khas lowepro dihadirkan dibalik sisi penutupnya, yang menarik sudah disediakan kantung untuk memory card yang tertutup aman sebanyak 3 buah, kemudian disertakan kantung-kantung serbaguna lainnya.

Kantung-kantung sisi dalamnya.

Kantung-kantung sisi dalamnya.

DUAL BAGS !!!!!

Satu kelebihan brilian tas ini adalah Dual Bags, tas ini sebenarnya perpaduan antara TAS KOPER  luarnya dan di dalamnya adalah TAS RANSEL KAMERA yang terpadu. Kedua tas ini dikaitkan dengan risleting sehingga mudah untuk melepasnya.

Terbayang sebuah perjalan hunting dari Jakarta ke Bromo, stage pertama : perjalanan dengan pesawat menggunakan versi Koper Rolernya, stage kedua : pada pagi hari berburu sunrise kita lepaskan back pack dari koper induknya dan siap menemani kita hunting tanpa merubah susunan isi tas kita, stage ketiga : Lebih praktis lagi saat kita membutuhkan tas cadangan untuk oleh-oleh atau souvenir maka kita dapat memanfaatkan tas Koper induk  tadi. GREAT JOB!!!

Sayangnya ransel yang ada memang terkesan sederhana dan sedikit kehilangan kelengkapan khas backpack Pro lowepro pada sisi luarnya: semacam kantung-kantung luar, padded busa penyangga punggung dan tali cangklong ransel yang sedikit kurang nyaman untuk extreem hunting.

Dual Bags !!! Praktis

Dual Bags !!! Praktis

"kapal induk" yang kososng

“kapal induk” yang kososng

Menjadi dual Bags

Menjadi dual Bags

FREE UNIVERSAL ELECTRICITY PLUGS

Pembelian tas lowepro ini mendapatkan konektor listrik universal brand LOWEPRO, dengan sedikit kelebihan adalah adanya source USB konektor untuk directed charging ke gadget kita.

universal plugs dan pocket tripod holder

Universal plugs dan pocket tripod holder

USB charger

USB charger

NO RAINCOAT

Kekurangan dari tas kamera ini adalah tanpa diberikan raincoat, sehingga untuk melindungi tas dari  hujan kita harus membeli secara tersendiri dari lowepro atau third party semacam Tamrac atau National Geographic.

MY THOUGHT

Sebuah tas travel yang sangat praktis buat para photo hunting traveler, walaupun kita harus merogoh kocek yang cukup dalam berkisar Rp. 3,5 Juta tetapi cukup WORTH IT!

Semoga berguna

BERBAGAI SUMBER

Lowepro.com

3 responses to “Lowepro Pro Roller X-100 : Tas Traveler Sejati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s