Lensa Nikon 14 – 24mm f/2.8G IF ED

KEY FEATURES

  • SWM  ( Silent Wave Motor ) : bunyi motor AF lensa ini nyaris tidak terdengar
  • AF-S (AF-Silent Wave Motor ) : Lensa ini untuk focusingnya tidak membutuhkan motor di body camera, karena di dalam lensa ini sudah ada motor penggerak AF yang cepat dan silent. Berbeda dengan AF dimana motor penggeraknya ada di Body camera.
  • ED lens (Extra Low Dispersion ) : Elemen lensa ini mampu menghasilkan kualitas ketajaman dan contras yang baik. Lensa ini memiliki dua elemen lensa ED untuk optimalisasi.
  • AS lens ( Aspherical ) : Elemen lensa yang umumnya dipakai di lensa wide sehingga mampu mengurangi Color Aberration atau penyimpangan warna. Lensa ini memiliki 3 elemen lensa Aspherical
  • G lens : Artinya lensa ini tidak memiliki gelang diafragma seperti pada lensa seri lama sehingga tidak bisa digunakan di kamera Analog Manual function.
  • IF ( Internal Focus ) : teknologi focus pada lensa ini menggunakan sistem internal sehingga tidak mempengaruhi panjang pendek lensa saat focusing serta gelang lensa terdepan tidak berputar saat focusing sehingga jika kita menggunakan dudukan filter ( sheet filter)  atau filter  CP-L dan sejenisnya tidak akan berpengaruh.
  • N ( Nano Crystal ) : teknologi terbaru (2007) di Nikon untuk coating lensanya, sehingga akan mengurangi internal reflection dan efektif untuk mengurangi Flare dan Ghosting.
Nikon AFS 14-24 mm f/2.8G

Nikon AFS 14-24 mm f/2.8G

2 responses to “Lensa Nikon 14 – 24mm f/2.8G IF ED

  1. Hannie, saya baru saja membeli lensa Nikon 14-24mm f/2.8, bolehkan anda berbagi mengenai penggunaan lensa ini, karena hingga saat ini saya belum bisa mendapatkan hasil yg seperti saya harapkan.
    Terima kasih atas kesediaannya.
    Salam,
    Gunawan Budihardjo

    • hallo bro

      saya coba sharing pengalaman saya :

      1. Lensa ini kategori ultra wide zoom lens dengan kecepatan tinggi f/2,8 ; dan salah satu dalam deretan lensa profesional papan atas nikon dengan tanda Gold Ring di moncong lensa.
      2. Lensa ini cocok untuk jurnalistik/Human interest karena mampu menangkap moment dari jarak dekat tanpa kehilangan suasana (where) dan tentunya subjectnya ( who). Selain itu dengan kecepatan f/2,8 lensa ini mampu untuk handling speed pada situasi low light dan tanpa blitz (when). Pengalaman saya sangat menyukai lensa ini untuk Human interest terutama jika harus masuk ke rumah2 dg ruang sempit atau lorong2 di pasar. Anda pasti akan nyaman sekali bermain dengan lensa ini, terlebih feature zoom nya memudahkan untuk mengatur komposisi.
      3. Untuk landscape memang kita diuntungkan dengan lensa ini karena sudut ultra lebarnya, juga contrast warna yang dihasilkan serta ketajaman sangat baik. Kelemahan untuk landscape, lensa ini tidak mempunyai dedicated filter ring sehingga kita kesulitan untuk meneksplore pemotretan dengan filter2 koleksi kita ( umumnya ring 77mm). Hal ini karena lensa yang cembung menyerupai fish eye dan sudut lensa yang sangat lebar ( rawan vignette). Tapi jangan kuatir produsen LEE FILTERS SW-150 filter holder, khusus menyediakan dudukan khusus untuk lensa ini, dengan harga yang cukup fantastis US$400!

      semoga bisa membantu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s